Search This Blog

May 15, 2008

Yang Datang dan Pergi

13 May 2008 9:05 am Rawamangun, Jakarta Timur

Ponselku berbunyi dan ternyata temanku telepon. Tumben. "Hai... adik gue meninggal nih! Kemaren pagi, sekarang di rumah lagi ramai lho..." Aku tertegun, tidak tahu mau mengucapkan apa.  Duka? Tapi kenapa nada suara diseberang sana tidak berduka? Mungkin dia sedang berusaha menyembunyikan kesedihannya sekuat tenaga. "Iya, akhirnya adik gue nyerah juga, penyakitnya menang, udah lega lah sekarang..."

 

13 May 2008 09.05 am, Kelapa Gading, Jakarta Utara

"Haloooooo... kami mau lihat si kecil... katanya sekarang udah punya jagoan.. kapan lahirnya?". "Iya, kemaren pagi, Alhamdulillah.. sekarang udah punya jagoan 1!" Senyum sang ibu dan ayah baru itu mengembang, bahagia.

 

Tafakur!

Dunia.  Diciptakan Allah penuh dengan keindahan dan pesonanya.  Ada kebahagiaan, ada kesedihan.  Ada kelahiran dan ada kematian.  Yang datang dan yang pergi berlalu setiap hari.  Tanpa kita mengerti dan tahu arti terdalam dari semua ini.

Dunia hanya panggung sandiwara, kata Akhmad Albar, ceritanya mudah berubah! Ya, Sang Maha Pengatur telah memberikan skenario masing-masing untuk kita jalani.  Para pemain harus penuh konsentrasi memainkan peranannya, jika memang ingin mendapatkan piala, surga!

Lalu, skenario apa yang disodorkan kepada kita? Apa kita bisa tahu? Terkadang kita tidak tahu dan tidak dapat mengerti tentang skenario yang diberikan.  "Kenapa musti Saya yang mengalami kesedihan?", "Kenapa harus saya yang mengalami musibah ini?". Lho? Lantas siapa? Orang lain? Jadi kalau bukan saya harus orang lain yang mengalami musibah? Nah!

Huud : 7. Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata."

Al Maidah : 48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

Al-Maidah : 94. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih.

AL 'ANKABUUT
SURAT KE 29

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
COBAAN ITU ADALAH UKURAN BAGI SEMPURNA ATAU TIDAKNYA IMAN SESEORANG
Cobaan itu adalah perlu!

2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?  

3. Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Jadi, siapkah kita untuk lulus dari ujian-ujian yang diberikan Sang Pencipta?

No comments:

Post a Comment