Search This Blog

January 28, 2008

Nasehat yang Diam saja, MATI.

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga maka sesungguhnya ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Ali Imran : 185)

Makam jenazah mantan Presiden Soeharto.

Kematian ternyata sangat dekat dengan kita, tapi sering kita lupa. Lupa atau tidak mau tahu, atau berusaha untuk tidak mengingat apa itu mati. Apa yang terjadi setelah mati.

Kita lupa bahwa nabi meninggalkan 2 nasihat, yang pertama adalah nasehat yang bisa berbicara, yaitu Al Quran. Dan yang kedua, adalah nasehat yang diaaaam saja, mati.

Karena nasihat ini diam, tidak pernah berkata-kata. Tidak pernah melongok. Kita jadi lupa. Lupa dengan indahnya dunia, ya : dijadikan indah dalam pandangan manusia semua kenikmatan hidup di dunia. Keindahan yang membuat kita lupa, bahwa semua itu hanya fana.

Bahwa keindahakan itu hanya sementara, bahwa hidup itu sebentar saja. Bahkan sebelum kita sempat sadar, ternyata hidup telah berakhir.

Semoga kita bisa mengisi arti hidup ini, yang sangat singkat ini.

Hidup sesudah mati, begitu banyak kata-kata, hadits mengenai kematian dipaparkan. Tapi begitu banyak juga kita yang ingkar.

Begitu banyak kematian setiap harinya mengelilingi kita. Yang kaya, yang berkuasa, yang miskin, yang bukan siapa-siapa. semuanya mati. Tapi kita buta, tidak melihat dengan mata hati.

Semoga setiap kejadian yang diberikan oleh Allah menjadikan kita belajar tentang hidup. amin.

1 comment:

  1. Kita lupa bahwa nabi meninggalkan 2 nasihat, yang pertama adalah nasehat yang bisa berbicara, yaitu Al Quran. Dan yang kedua, adalah nasehat yang diaaaam saja, mati.

    tolong disebutkan perawinya

    ReplyDelete