Search This Blog

December 23, 2007

Demi Masa

Al-Ashr

1. Demi masa.

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.


"Waktu tak lain kecuali sebuah ukuran dari posisi benda yg berubah-ubah.Sebuah ayunan pendulum, jarum-jarum pada sebuah jam yang bergerak maju." (Julian Barbour, Fisikawan).



Bayangkan jika kita berada pada ruangan tertutup dan diberikan 1 jendela serta 1 buah jam dinding. Kita tinggal di dalamnya selama beberapa hari. Setelah keluar, jika ditanya, "Berapa lama anda berada di dalam?" Kita akan menjawab sesuai dengan hitungan jam dinding, berapa kali kita mengalami terang dan gelap. 24 jam (misalnya). Tapi jika jendela itu adalah jendela buatan, bahwa ternyata matahari yg kita lihat melalui jendela adalah buatan, dan jika orang yg diluar mengatakan bahwa "Anda berada di dalam selama 2 hari, 48 jam, kami telah mempercepat laju jam, membuat matahari buatan melalui jendela agar Anda mengalami siang dan malam sesuai dengan persepsi Anda!".


Bayangkan, jika kita seorang astronot, melakukan perjalanan keluar angkasa dan meninggalkan seorang anak di bumi. Andaikata saat berangkat kita berumur 27 tahun dan sang anak berumur 3 tahun, maka setelah 3 tahun kemudian, saat kita kembali ke bumi, kita akan berumur 30 tahun dan sang anak akan berumur 33 tahun. Kenapa? Karena menurut Einstein, perjalanan ke ruang angkasa berkecepatan 99% kecepatan waktu.

Konsep Waktu menurut Al Quran

QS 17 : 52. yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur) kecuali sebentar saja.

QS 10 : 45. Dan (ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) hanya sesaat di siang hari, (di waktu itu) mereka saling berkenalan. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk

QS 23 : 112. Allah bertanya: "Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?" 113. Mereka menjawab: "Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung." 114. Allah berfirman: "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.

QS 70 : 4. Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.

QS 32 : 5. Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu


Jadi, jika kita memiliki waktu selama 60 tahun di bumi, apa yang akan kita lakukan? Apa yang kita persiapkan, jika besok adalah waktu Malaikat menjemput kita?
Sumber : Hakikat di Balik Materi, Harun Yahya

1 comment:

  1. Bener Hen, semua itu saat ini relatif. kecuali 1 yang tidak relatif, yaitu matematika.

    ReplyDelete